Shusi Ala Batak Toba "NANIURA"

 

Naniura

BATAKTIVE||HITSBATAK. Kali ini kita akan membahas makanan khas dari tanah Batak yaitu NANIURA. Naniura adalah salah satu makanan khas Batak Tapanuli Utara, yang bisa ditemui di Danau Toba, Medan dan Pematang Siantar. Jika dahulu kala naniura hanya dihidangkan untuk raja-raja Batak, sekarang makanan khas ini sudah bisa dinikmati oleh banyak orang. Bahkan bisa ditemui di restoran tertentu di sana.

Naniura biasanya hanya diperbolehkan di persembahkan kepada para petinggi kerajaan  karena makanan tersebut hanya diperbolehkan dimasak oleh juru masak kerajaan. Namun, karena masyarakat ingin mencoba Naniura, banyak dari mereka mencoba membuat Naniura itu sendiri dan seiring perkembangan zaman, Naniura semakin banyak diminati masyarakat lokal. 

Naniura biasanya Berbahan utama ikan Mas yang tidak dimasak sama sekali melainkan hanya menggunakan perasan asam saja. Dimana perasan asam diolesi ke ikan mas yang sudah dibersihkan sisik, bagian dalam perut dan dibelah menjadi dua bagian lalu direndam kedalam perasan asam sekitar 3-4 jam. 

Bumbu untuk Naniura juga sangat gampang ditemukan di pasar sehingga tidak perlu khawatir jikalau kekurangangan bumbu.  

Resep Naniura antara lain :

andaliman khas bumbu orang Batak dan Sirias (pohon kincung). Bahan seperti kunyit, jahe, kemiri, kencur, cabe merah, cabe rawit (jika ingin lebih pedas), bawang merah, bawang putih dan andaliman dibakar/ dipanggang sampai layu dan mengeluarkan aroma harum. bawang Batak (Haronda/bawang rambut), tomat dan daun selada juga dimasak untuk dijadikan uram. Bumbu yang sudah disangrai selanjutnya diulek (ditutu) sampai halus. Semua bumbu itu diolesi ke permukaan ikan yang telah difermentasi, lalu biarkan lagi satu jam supaya meresap ke seluruh daging ikan.

Setelah satu jam atau lebih, Na Niura pun siap disantap. 

Posting Komentar

0 Komentar