Cerita Sejarah Makam Raja Sidabutar di Tomok Samosir


Sejarah makam raja Sidabutar ditomok Samosir 


HITS.BATAKTIVE.COM||CERITA  Makam RAJA SIDABUTAR DITOMOK SAMOSIR 

 Cerita Raja Sidabutar adalah cerita Batak Toba yang melukiskan sifat-sifat manusia yang gagah berani, kegotongroyongan, setia, tetap pendirian, dan sakti.

 Di dalam cerita Raja sidabutar ini dapat dilihat bagaimana sifat suku Batak Toba pada umumnya dan keturunan Raja Sidabutar khususnya yaitu pemberani, setia,kegotongroyongan, dan benci kepada orang pendusta atau pembohong. Dan cerita Raja Sidabutar ini adalah sebahagian dari Tambo Sidabutar.

 Ketika kerajaan Sidabutar menduduki daerah Tomok Samosir sering juga terjadi pertempuran antara satu kampung dengan kampung yang lain.

 Raja Sidabutar pantang kalah selain tubuhnya yang kekar, juga dia Raja yang sakti yaitu bila musuh datang dia dapat membuat darat seakan-akan laut, jadi musuh itu takut menyeberang. Dan dia bisa berselisih jalan dengan musuhnya tidak kelihatan.

 Sejarah  Raja Sidabutar ini mempunyai beberapa ciri diantaranya ialah:

1. Musyawarah

Untuk membentuk dan menciptakan sesuatu, seperti halnya untuk mengadakan gotong royong maupun berperang, Raja Sidabutar selalu mengadakan lebih dahulu musyawarah dengan rakyat.

2. Ketuhanan

Raja Sidabutar mempunyai jiwa kepatriotan dan ketangkasan berperang, ia sadar juga kekuatannya itu adalah berkat pemberian "Mulajadi Na Bolon"ia guru besar dalam kedukunan. Agama Raja Sidabutar I dan II adalah agama Parmalim.

3. Moral

Raja Sidabutar sangat dicintai oleh rakyatnya karena kejujurannya dan perjuangannya untuk mempertahankan nasib rakyat yang dipimpinnya.

4. Peri Kemanusiaan

Peperangan, pembunuhan dianggap sesuatu perbuatan kejam melawan norma-norma peri kemanusiaan. Oleh karena itu apabila terjadi perang antar kampung dengan kampung lain, Raja ini sebagai juru damai yang dapat menyelesaikannya. Lain halnya bila datang musuh dari daerah jauh dan kira-kira berbahaya kepada rakyatnya maka dalam keadaan terpaksa Raja ini mengeluarkan Ilmu" sijongongon" supaya jangan  melawan lalu ditangkap dan dipasung.

5. Religi

Terbukti dari kepercayaannya yang dapat mendatangkan hujan lebat, membuat darat seakan-akan laut menyurlap pandangan orang agar jangan dilihat dia, maka raja ini dapat dianggap sebagai orang yang mempunyai kesaktian.

6. Kesetiaan

Raja Soribuntu Sidabutar sebagai pemimpin atau seorang raja ia tetap setia dan ramah terhadap bawahannya maupun terhadap rakyatnya. Kesetiaan baginya adalah kejujuran.

Ikhtisar Cerita Raja Sidabutar

 Manusia pertama di daerah Tomok Samosir adalah Ompu Soribuntu Sidabutar sebagai Raja pertama pada kerajaan Sidabutar dan permaisurinya boru Nainggolan Lumban Raja.

 Raja ini mempunyai kesaktian dan agamanya Parmalim yang mematangkan daging.

Dan ia berkuasa dengan kejujuran, setia, dan gagah berani.

 Raja ini berkuasa ± pada tahun 1500 sesudah masehi. Kemudian Raja ini meninggal dunia dan dimakamkan ke dalam batu alam yang terletak di atas tanah. Tutup kuburan pada bagian depan melukiskan patung Raja sambil menggendong anak. Maksudnya agar keturunannya lebih tinggi dan lebih perkasa dari dia.

 Sebagai bunga atau tanda ditanam juga dua pohon ara di sekitar perkuburan itu yang biasa disebut "Tambak"

 Sebabnya ditanam pohon ara itu adalah sebagai tanda kepada keturunannya, bila dahan dan ranting pohon ara itu banyak, menandakan keturunan raja Soribuntu Sidabutar itu akan banyak kelak, dan bila sedikit, keturunannya sedikit.

 Setelah Raja Soribuntu Sidabutar meninggal dunia, ia digantikan oleh cucunya yang lebih perkasa lagi yaitu Ompu Sojoloan (Ompu Na Ibatu) Sidabutar.

Terimakasih 🤗🙏

#Horas 

SYALOM 

Posting Komentar

0 Komentar