Pada masa prasejarah, kepulauan Indonesia dihuni oleh beragam suku bangsa dan budaya

 


Sejarah Indonesia

Sejarah Indonesia

Masa Prasejarah

Pada masa prasejarah, kepulauan Indonesia dihuni oleh beragam suku bangsa dan budaya. Bukti arkeologi menunjukkan adanya hubungan perdagangan dengan budaya dari Cina, India, dan Arab.

Peninggalan Prasejarah

Artefak seperti kapak genggam, tembikar, dan lukisan gua menjadi saksi bisu perkembangan kebudayaan manusia di masa prasejarah Indonesia.

Masa Kerajaan

Pada milenium pertama Masehi, kerajaan-kerajaan seperti Sriwijaya dan Majapahit berdiri. Sriwijaya adalah pusat perdagangan maritim, sementara Majapahit menjadi salah satu kerajaan terbesar di dunia pada masanya.

Kerajaan Sriwijaya

Sriwijaya, berpusat di Sumatera, dikenal karena kekuasaannya dalam perdagangan rempah-rempah dan jalur laut di Selat Malaka.

Masa Penjajahan

Pada abad ke-16, bangsa Eropa mulai datang dan menjajah wilayah Indonesia. Belanda adalah yang paling dominan, menguasai sebagian besar wilayah hingga abad ke-20.

Masa Kolonial Belanda

Belanda mendirikan Hindia Belanda, mengendalikan perdagangan rempah-rempah dan mengimpor tenaga kerja Indonesia untuk bekerja di perkebunan.

Pergerakan Kemerdekaan

Proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 menjadi titik awal perjuangan melawan penjajahan Belanda dan berbagai tantangan untuk mendirikan negara merdeka.

Posting Komentar

0 Komentar